Mengenai Saya

Foto saya
hanya ingin membuat sebuah media untuk berbagi informasi & pengetahuan.. Untuk menjadi kita (bukan aku) yang lebih baik..

Kamis, 11 November 2010

Tonsilitis

Tonsillitis adalah peradangan tonsil palatine yang merupakan bagian dari cincin waldeyer. Cincin waldeyer terdiri atas
susunan kelenjar limfa yang terdapat didalam rongga mulut yaitu: tonsil faringeal (adenoid), tonsil palatine, tonsil lingual, tonsil tuba eustachius. Penyebaran infeksi melalui udara (air borne droplets), tangan dan ciuman. Dapat terjadi pada semua umur, terutama pada anak.
Tonsilitis Kronis

Faktor predisposisi timbulnya tonsillitis kronik ialah rangsangan yang menahun dari rokok, beberapa jenis makanan , hygiene mulut yang buruk, pengaruh cuaca, kelelahan dan pengobatan tonsillitis akut yang tidak adekuat. Kuman penyebabnya sama dengan tonsillitis akut (Streptococcus beta hemolyticus, Streptococcus viridans, dan Streptococcus pyogenes) tetapi kadang-kadang kuman berubah menjadi golongan Gram negatif.

Patologi
Karena proses radang berulang yang timbul maka selain epitel mukosa juga jaringan limfoid terkikis, sehingga pada proses penyembuhan jaringan limfoid diganti oleh jaringan parut yang akan mengalami pengerutan sehingga kripiti melebar. Secara klinik kripiti ini tampak diisi oleh detritus. Proses berjalan terus sehingga menembus kapsul tonsil dan akhirnya menimbulkan perlekatan dengan jaringan di sekitar fosa tonsilaris. Pada anak proses ini disertai dengan pembesaran kelenjar submandibula.

Gejala dan tanda
Pada pemeriksaan tampak tonsil membesar dengan permukaan yang tidak rata, kriptus melebar dan beberapa kripiti terisi oleh detritus. Rasa ada yang mengganjal di tenggorok, dirasakan kering di tenggorok dan napas berbau.

Terapi
Terapi lokal ditujukan pada hygiene mulut dengan berkumur atau obat isap.

Komplikasi
Radang kronik tonsil dapat menimbulkan komplikasi ke daerah sekitarnya berupa rhinitis kronik, sinusitis, atau otitis media secara perkontinuitatum. Komplikasi jauh terjadi secara hematogen atau limfogen dan dapat terjadi endokarditis, artitis miositis, nefritis, uveitis, ridosiklitis, dermatitis, pruritus, urtikaria, dan furunkulosis.
Tonsilektomi dilakukan bila terjadi infeksi yang berulang atau kronik, gejala sumbatan serta kecuriagaan neoplasama.

Indikasi tonsilektomi
The Academy of Otolaryngology – Head and Surgery Clinical Indicators Compendium tahun 1995 menetapkan :
1.    Serangan tonsillitis lebih dari tiga kali per tahun walaupun telah mendapatkan terapi yang adekuat.
2.    Tonsil hipertrofi yang menimbulkan maloklusi gigi dan menyebabkan gangguan pertumbuhan oroasial.
3.    Sumbatan jalan napas yang berupa hipertrofi tonsil dengan sumbatan jalan napas, sleep apnea, gangguan menelan, gangguan berbicara, dan cor pelmonale.
4.    Rinitis dan sinusitis yang kronis, peritonsilitis, abses peritonsil yang tidak berhasil hilang dengan pengobatan.
5.     Napas bau yang tidak berhasil dengan pengobatan.
6.    Tonsilitis berulang yang disebabkan oleh bakteri grup A streptococcus ß hemoliticus.
7.    Hipertrofi tonsil yang dicurigai adanya keganasan.
8.    Otitis media efusa / otitis media supurativa.

Kontra Indikasi Tonsilektomi (Ballenger, 1993):
1.    Kelainan perdarahan
2.    Resiko bius atau penyakit medis tak terkontrol
3.    Anemia
4.    Infeksi akut

Standar Derajat Klasifikasi berdasarkan rasio tonsil terhadap orofaring yang diukur diantara pilar anterior:
0   : jika tonsil didalam fossa   
+1 : jika tonsil menempati 25% orofaring
+2 : jika tonsil menempati 25-50% orofaring
+3 : jika tonsil menempati 50-75% orofaring
+4 : jika tonsil menempati >75% orofaring

Tonsilitis Akut

Etiologi
Kuman Streptococcus beta hemolyticus, Streptococcus viridans, dan Streptococcus pyogenes adalah penyebab terbanyak. Dapat juga disebabkan oleh virus.

Patofisiologi
Penularan terjadi melalui droplet. Terdapat peradangan umum dan pembengkakan dari jaringan tonsila dengan pengumpulan leukosit,sel-sel epitel mati,dan bakteri patogen dalam kripta.Mungkin adanya perbedaan dalam strain atau virulensi organisme dapat menjelaskan variasi dari fase-fase patologis berikut :
1.      Peradangan biasa daerah tonsila saja.
2.      Pembentukan eksudat.
3.      Selulitis tonsila dan daerah sekitarnya.
4.      Pembentukan abses peritonsilaris.
5.      Nekrosis Jaringan.

Manifestasi Klinis
Suhu tubuh naik sampai 40 derajat celsius, rasa gatal / kering di tenggorokan, lesu, nyeri sendi, odinofagia, anoreksia, dan otalgia. Bila laring terkena, suara akan menjadi serak. Pada pemeriksaan tampak faring hiperemis, tonsil membengkak, hiperemis; terdapat detritus (tonsilitis folikularis), kadang detritus berdekatan menjadi satu (tonsilitis lakunaris), atau berupa membran semu. Kelenjar submandibula membengkak dan nyeri tekan, terutama pada anak-anak.

Komplikasi
Otitis media akut, abses peritonsil, abses paratonsil, toksemia, septikemia, bronkitis, nefritis akut, miokarditis, dan artritis.

Pemeriksaan Penunjang
Kultur dan uji resistensi bila perlu.

Diagnosa Banding
•    Angina plant vincent
•    tonsilitis difteri
•    scarlett fever
•    angina granulositosis.

Penatalaksanaan
Pada umumnya,penderita dengan tonsilitis akut sebaiknya tirah baring. Cairan harus diberikan dalam jumlah yang cukup, serta makan makanan yang bergizi namun tidak terlalu padat dan merangsang tenggorokan.Analgetik diberikan untuk menurunkan demam dan mengurangi sakit kepala. Jika penyebab tonsilitis adalah bakteri maka antibiotik harus diberikan. Obat pilihan adalah penisilin. Kadang-kadang juga digunakan eritromisin. Idealnya, jenis antibiotik yang diberikan sesuai dengan hasil biakan. Antibiotik diberikan antara 5 sampai 10 hari.Jika melalui biakan diketahui bahwa sumber infeksi adalah Streptokokus beta hemolitkus grup A, terapi antibiotik harus digenapkan 10 hari untuk mencegah kemungkinan komplikasi nefritis dan penyakit jantung rematik. Kadang-kadang dibutuhkan suntikan benzatin penisilin 1,2 juta unit intramuskuler jika diperkirakan pengobatan orang tidak adekuat.

1 komentar:

  1. Working spirit, the spirit of the move .. Let's start a new day with activities that are useful and fun !!! Obat Tradisional Kanker Kulit

    BalasHapus